31 Aug, 2018

Infeksi Ginjal Atau Nyeri Punggung Bawah? Cara Membedakan Antara Dua

Nyeri punggung adalah bagian dari kehidupan kita dan dapat menyerang siapa saja kapan saja. Nyeri punggung dapat terjadi secara berkala, tetap untuk waktu yang singkat, dan kemudian dengan cepat menghilang. Ini dikenal sebagai nyeri punggung akut dan dapat dirawat dengan obat-obatan dan istirahat. Rasa sakit akan dianggap sakit punggung kronis ketika itu tetap selama lebih dari tiga bulan. Banyak orang menjalani pengobatan konstan untuk nyeri punggung.

Namun, jika Anda mengalami sakit punggung dekat area ginjal, waktunya untuk berkunjung ke dokter. Infeksi ginjal dapat menyebabkan rasa sakit, yang mirip dengan nyeri punggung bawah. Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang tepat di atas pinggul. Itulah mengapa rasa sakit apa pun di area itu dapat didiagnosis sebagai infeksi ginjal. Rasa sakit berasal dari ginjal dan menyebar ke punggung bawah. Ini dikenal sebagai nyeri yang dirujuk. Karena itu, seringkali infeksi ginjal bingung dengan nyeri punggung bagian bawah.

Jadi bagaimana seseorang membedakan antara rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi ginjal dan nyeri punggung bawah? Salah satu gejalanya adalah rasa sakit karena infeksi ginjal datang dengan cepat dan menghilang setelah pengobatan berakhir. Dengan sakit punggung, rasa sakit berlanjut bahkan setelah infeksi telah sembuh. Gejala-gejala infeksi ginjal atau batu ginjal bisa terasa sakit saat buang air kecil, darah di urin atau demam disertai menggigil. Jika dokter menekan ginjal pada saat pemeriksaan fisik, akan ada rasa sakit di daerah tersebut. Jika, di sisi lain, Anda memiliki otot yang membentang, robek atau terpuntir, rasa sakit akan spesifik ke daerah tersebut. Rasa sakit dapat terjadi baik di punggung bawah, atau antara tulang belikat, di bawah pinggang atau di atas tulang belakang. Jenis rasa sakit ini akan bertambah parah dengan gerakan dan memudahkan saat beristirahat. Infeksi ginjal dapat dengan aman dikesampingkan dalam skenario ini.

Jika Anda mengalami infeksi ginjal, rasa sakit akan terjadi di satu sisi punggung, di atas pinggang tetapi tepat di bawah tulang rusuk. Rasa sakit dapat meningkat ketika kandung kemih penuh atau mungkin perjalanan ke daerah genital. Selama waktu Anda mungkin memiliki serangan muntah, rasa sakit saat buang air kecil, darah dalam urin dan bahkan demam. Nyeri punggung bawah bisa menjadi gejala lain dari infeksi ginjal. Ini adalah pedoman umum, yang memberikan gambaran bagaimana mendiagnosa rasa sakit di area punggung bawah. Jika Anda masih tidak yakin dengan apa yang Anda hadapi, gejala semacam itu membutuhkan kunjungan darurat ke dokter. Itu selalu lebih baik aman daripada menyesal. Jika ada riwayat infeksi ginjal sebelumnya, maka mungkin ada serangan lain yang datang. Di sisi lain, itu mungkin hanya otot punggung yang meregang. Oleh karena itu, lebih baik untuk mengunjungi dokter sehingga ia dapat membuat diagnosis yang tepat dan memulai perawatan untuk rasa sakit atau infeksi ginjal seperti yang mungkin terjadi. Infeksi ginjal dan nyeri punggung yang ditimbulkan mungkin akan hilang dengan dosis antibiotik. Perawatan nyeri punggung bawah dapat memanggil fisioterapi atau obat dalam bentuk penghilang rasa sakit.

Tags: , , , , , , , , ,

About : admin

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *